Jumat, 15 November 2013

kelebihan dan kekurangan samsung s4 dan iphone5

Apple dan Samsung merupakan para penguasa pasar smartphone dunia yang kini melahirkan smartphone tangguh dan superior. Apple dengan Iphone 5 dan Samsung dengan Samsung Galaxy S4.
Kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terkadang  pemilihan smartphone juga dikaitkan dengan kepribadian si calon pemilik. Tetapi yang terutama adalah pemilihan berdasarkan fungsi, untuk apa Anda menggunakan smartphone tersebut. Untuk studi, bekerja,  atau sekedar lifestyle? Untuk mengetahui mana yang lebih cocok sebaiknya kita lebih mengenal fitur-fitur unggulan dari Apple maupun Samsung.
Fitur unggulan dari Samsung Galaxy S4:
1. S Translator: fitur ini dapat berfungsi sebagai penerjemah dari berbagai pesan pada email, SMS, dan layanan chatting ChatOn dengan dukungan 10 bahasa.
2. Air Gestures: fitur ini dapat membuat layar berpindah secara otomatis dengan hanya menggerakan jari pengguna tanpa harus menyentuh layar.
3. Smart Pause: fitur ini mampu menghentikan sementara (pause) video yang ditonton saat mata pengguna sedang menatap ke arah lain.
4. Smart Scroll: fitur ini mampu menggulirkan layar paragraf demi paragraf mengikuti gerakan pandangan mata saat pengguna membaca sebuah artikel di layar.
5. S Health: fitur ini berfungsi memonitor kesehatan pengguna dan dapat terhubung dengan berbagai alat kesehatan untuk memantau detak jantung, tekanan darah serta berat badan.
6. Group Play: fitur ini memudahkan para pengguna Samsung Galaxy S4 untuk melakukan sinkronisasi lagu dan foto. Dan selama aplikasi game mendukung seperti pada game Asphalt 7 dan Gun Bros 2, akan memudahkan pengguna bermain game secara multiplayer.
7. Dual Camera: fitur ini dapat merekam video dan mengambil foto sekaligus menggunakan dua kamera yang terdapat pada Samsung Galaxy S4.


Fitur unggulan dari iPhone 5:
1. Layar lebih baik: Memiliki ketebalan 0,3 inci (7,6mm), layar 4 inci dengan rasio 16:9, resolusi layar 1136 x 640 pixel dengan kerapatan pixel 326 per inci, serta saturasi warna lebih baik dengan sistem rendering sRGB penuh.
2. Prosesor lebih bertenaga: Memiliki prosesor A6 yang memberikan performa grafis dua kali lebih cepat dari prosesor A5 pada Iphone 4S.
3. Kamera lebih cepat: Memiliki kamera lebih kecil namun dapat menangkap gambar 40% lebih cepat dari Iphone 4S dengan modus baru panorama agar pengguna dapat mengambil pemandangan yang luas.
4. Konektor dock Lightning: Memiliki ukuran lebih kecil dengan jumlah 9 pin dibandingkan konektor dock dengan jumlah 30 pin.
5. SIM Card lebih kecil: Menggunakan nano Sim Card yang lebih kecil dari micro SIM.
6. LTE: Memiliki koneksi super cepat LTE.
7. Baterai berkapasitas besar: Mendukung 8 jam talk time 3G, 8 jam browsing dengan LTE, 10 jam browsing dengan WiFi, 10 jam menonton video, 40 jam mendengarkan musik, dan waktu standby 225 jam.
8. iOS6: Hadir dengan sistem operasi mobile terbaru iOS 6 yang dilengkapi aplikasi Apple Maps, Siri yang lebih pintar. Passbook, serta layanan Face Time melalui jaringan 3G yang biasanya hanya menggunakan jaringan WiFi.
Setelah mengetahui beberapa fitur unggulan dari Apple dan Samsung, Anda juga perlu mengetahui informasi mengenai hasil uji kemampuan (benchmark) keduanya. Dari aplikasi benchmark Geekbench 2, diperoleh hasil skor untuk Samsung Galaxy S4 dengan: 3163 skor, dan Iphone 5 dengan: 1596 skor, setengah dari skor Samsung Galaxy S4.
Hal ini membuktikan performa Samsung galaxy S4 lebih unggul dari Iphone 5.
Namun meskipun berbahan plastik, material casing Samsung Galaxy S4 belum tentu kalah bagus dibandingkan Iphone 5 yang berbahan aluminium. Ini teruji dengan ketahanan keduanya yang diuji coba melalui tes jatuh (dropt test). Pengujian dilakukan berulang kali dengan menjatuhkan kedua smartphone ini dari ketinggian 10 kaki. Hasilnya Samsung Galaxy S4 mengalami retak dibagian atas layar dan berhenti beroperasi, sementara Iphone 5 hanya mengalami sedikit retak di bagian bawah layar dan bagian belakang perangkat.
Memang, kedua smartphone ini tidak di desain khusus untuk kondisi ekstrim yang jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi untuk masalah ketahanan dikembalikan kepada masing-masing pengguna dalam merawat dan menjaga smartphone-nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar